Kamis, 27 Oktober 2016

Planning : Shopping (POP) dan Brithday Dinner (Graph Plan)

Planning berbeda dengan Search-Based Problem Solving dalam hal representasi goals, states, dan actions, juga berbeda dalam representasi dan pembangunan urutan-urutan action. Planning berusaha untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami dalam Search-Based Problem Solving.
Planning adalah suatu metode penyelesaian masalah dengan cara memecah masalah ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil, menyelesaikan sub-sub masalah satudemi satu, kemudian menggabungkan solusi-solusi dari sub-sub masalah tersebut menjadisebuah solusi lengkap dengan tetap mengingat dan menangani interaksi yang ada antar sub masalah.
Contoh permasalahan Planing yaitu :
 Cara Partially Ordered Plan (Shopping)


Pertama kita buat urutannya dari awal sampai akhir atau goalnya. Pada gambar diatas terdapat beberapa langkah, yaitu langkah “Buy(Drill)” untuk membeli bor, “Buy(Milk)” untuk membeli susu, “Buy (Bananas)” untuk membeli pisang.


Untuk “Buy (Drill)” langkah membeli bor berada pada “GO (HWDW)” atau pergi ke toko peralatan, sedangkan untuk “Buy(Milk)” dan “Buy (Bananas)” membeli susu dan pisang lankahnya yaitu “GO (SM) atau pergi ke supermarket.


Kita coba dengan menggunkan langkah (x1) yaitu langkah membeli bor yang berada toko peralatan, Kita memulai start dari (Home) rumah.

Lalu kita buat  langkah (x2) yaitu langkah membeli susu dan pisang yang berada di Supermarket, Kita memulai start dari (Home) rumah.


Kita perhatikan pada gambar ternyata langkah yagn kita tentukan sebelunnya memakan waktu banyak karena setelah langkah (x1) selasai kita harus kembali lagi kerumah (Home) untuk melanjutkan langkah (x2), itu akan mamakan waktu dan menjadi tidak efektif.

Oleh karena itu kita hapus lankah (x2) yang (Home) dari rumah, dan menggantinya dengan langkah (x2) baru yaitu setelah mambeli bor “Buy (Drill)” dari Toko peralatan “GO (HDW)” langsung menuju Supermarket “GO (SM)” untuk membeli Susu dan pisang. Maka tujuan kita terpenuhi. Mungkin masih banyak langkah yang lebih cepat dari contoh diatas tergantung penampatan langkah mana yang di ambil.




Untuk Contoh yang kedua yaitu :

Soal2
Cara Graph Plan (Birthday Dinner)







Langkah pertama kita buat GraphPlan, Kemudian kita letakkan initial state nya.


Kemudian kIta buat kotak aksi, dan menyesuaikannya dengan initial state nya.




Oke kita telah membuat dasar dalam GraphPlan. Selanjutnya kita akan membuat Mutex dari GraphPlan ini. Alasan pertama bahwa tindakan dapat mutex adalah karena efek yang tidak konsisten. Jadi, clean mutex dengan carry karena carry membuat clean menjadi salah. Begitu pula dengan garbage mutex dengan carry dan dolly karena carry dan dolly membuat garbage salah. Quite juga mendapatkan efek yang sama dengan dolly karena dolly membuat quite menjadi salah.



Alasan lain Mutex dapat terjadi karena adanya gangguan : suatu aksi meniadakan prekondisi dari aksi yang lain. Carry Mutex dengan cook karena hasil dari carry meniadakan prekondisi dari cook. Dolly mutex wrap karena hasil dari dolly meniadakan prekondisi dari wrap. Selanjtnya carry dan dolly mutex karena mereka saling meniadakan prekondisi mereka.


Kemudian, setiap preposisi mutex dengan negasi nya. Lalu, alasan lain kita mungkin memiliki mutex adalah karena dukungan tidak konsisten. Jadi, garbage mutex dengan not clean dan note quite karena untuk mendapatkan garbage kita harus membiarkan nya dan ini mutex dengan carry dan dolly. Dinner mutex dengan not celan karena cook dan carry mutex pada level sebelumnya. Present mutex dengan not quite karena warp dan dolly mutex pada level sebelumnya. Begitupula dengan not clean dan not quite karena carry dan dolly mutex pada level sebelumnya. Itulah mutex yang bisa kita dapatkan



 

Kita mulai untuk mendapatkan goals yang kita butuhkan. Pertama kita akan mendapatkan not garbage, kita menggunakan aksi carry, lalu kita mencoba mendapatkan dinner dengan aksi cook satu satunya aksi untuk mendapatkan dinner. Tetapi cook dan carry adalah mutex jadi kita tidak dapat menggunakan aksi tersebut.


Kita coba menggunakan cara lain. Kita akan mendapatkan not garbage dengan aksi dolly, lalu kita dapat mendapatkan dinner menggunakan cook, tetapi kita tidak dapat mendapatkan present dengan satu satu nya cara mendapatkan present yaitu warp, karena warp dengan dolly merupakan mutex.



Kita tidak bisa mendapatkan goal dengan cara ini. Untuk itu kita menggunakan depth two plan. Yaitu dengan menambahkan dua level lagi pada graph.


Pada aksi ini kita mendapatkan mutex sama seperti level sebelumnya.

Pada level selanjutnya kita juga mendapatkan mutex seperti pada level sebelumnya. Tetapi ada sedikit perbedaan mutex disini dengan di level sebelumnya. Pada level ini dinner tidak mutex dengan carry karena kita bisa mendapatkan dinner dengan membiarkan nya dan tetap bisa melakukan carry. Begitupun dengan present tidak mutex dengan dolly karena kita bisa mendapatkan present dengan membiarkan nya dan dapat tetap melakukan dolly.

Setelah kita selesai dengan mutex kita coba mencari lagi apa yang kita butuhkan dan akhirnya kita berhasil dengan melakukan cara nya sebagai berikut













Referensi :
Lecture 11 FinalPart1 (Partially Order Plan)
Lecture 12 Final Part1 (GraphPlan)



www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Posting Komentar